Senin, 05 Oktober 2020

Teks Eksposisi


Teks eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang mengandung informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Pada paragraf eksposisi tersebut memiliki sifat ilmiah atau bisa kita katakan sebagai pernyataan yang bersifat non fiksi. Sebuah teks eksposisi bisa membahas tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. Tujuan teks esposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.

           Ada beberapa jenis teks eksposisi yang perlu kamu tahu, di antaranya: 

· Teks eksposisi definisi 

· Teks eksposisi proses 

· Teks eksposisi klasifikasi 

· Teks eksposisi pertentangan 

· Teks eksposisi Ilustrasi 

· Teks eksposisi Analisis 

· Teks eksposisi perbandingan 

· Teks eksposisi berita / laporan

Agar kamu nggak bingung, yuk simak beberapa contoh teks eksposisi berikut ini: 

Proses Terjadinya Pelangi 

Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melewati sebuah tetes hujan akan dibiaskan melewatinya. Nah, proses pembiasan ini yang memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum. Warna spektrum adalah warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Atau yang sering kita tahu dengan singkatan mejikuhibiniu. Kemudian warna-warna itu memantul di belakang tetes hujan, yang akibatnya cahaya tampak melengkung menjadi pelangi. 

Suara dan Cahaya Petir 

Tahukah kamu kenapa cahaya petir dan suaranya datang dalam waktu yang beda? Ada perbedaan waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya. Kecepatan suara 767 mil per jam (1,230 kilometer per jam), sedangkan kecepatan cahaya adalah 669,6 juta miles per hour (1, 08 miliar kilometres per jam)



Video Pembelajaran Teks Eksposisi











0 komentar:

Posting Komentar